NYC – Day 4

Malemnya sebelum tidur, Ilona tiba-tiba bilang gue, mau ngga kita besok pagi balik lagi ke Brooklyn Bridge untuk ngeliat sunrise. Gue bilang, duh kayaknya liat nanti aja deh. Liat bangunnya jam berapa. Eh… ngga taunya kita masih kena serangan jetlag. Jam 5:30 kamar kita udah gaduh. Alhasil jam 6 teng kita mutusin untuk keluar hotel dan jalan ke Brooklyn Bridge, berbekal roti-roti dari Tous Les Jours yang dibeli kemarinnya dari Korean Town.

Pas kita nyampe Brooklyn Bridge, langitnya udah ngga gelap kayak malam tapi matahari masih belum terbit. Dan jembatannya SEPI banget. Cuma ada kayak 1-2 orang yang lagi jogging atau naik sepeda. Kita langsung duduk kayak hobo dengan muka bangun tidur nungguin matahari. How to describe the scenery? It’s like… the view sent a sort of pleasing, memorable vibe, that got me remembering NYC everytime I see sunrise from now on 😌.

 

The lights were still on

It’s about 6:30 in the morning

There’s nobody aound at this hour

The sun went slowly up

New York still waters

Sunrise as seen above Manhattan Bridge

People slowly passing by

The sun was completely up

Good morning, Manhattan
Setelah matahari bener-bener naik, mulai deh orang lalu-lalang semakin banyak. Tapi itu pun juga ngga sebanyak siang kemarinnya. Mereka semua locals, cuma ada 1-2 turis yang foto-foto. Terus kita duduk-duduk sambil makan roti, foto-foto lagi, sebelum lanjut jalan. Oh ya, secara gue pecinta gedung tinggi, gue seneng jalan berjam-jam di jalanan yang dikelilingi skyscrapers.

I had my long 5-hrs walk dari Causeway Bay sampe Tsim Sha Tsui di Hong Kong and 3-hrs walk around Downtown Singapore. Jadi, saat itu pun gue berencana untuk jalan kaki dari sisi Manhattan-nya Brooklyn Bridge sampe ke Times Square, ngelewatin beberapa landmarks-nya NYC seperti New York University, Union Square, Flatiron dan Empire State Building. Untungnya partner in crime gw, Ilona, juga suka jalan kaki.

Kita baru mulai jalan bentar, tiba-tiba kita berdua pengen pipis. Damn, susah banget nyari WC di sana! Pertama, kita ngelewatin daerah Chinatown. Kayaknya sih itu bukan sisi Chinatown yang sering difoto orang-orang, soalnya yang kita lewatin rada-rada kumuh dan jorok. Di sana kita mencoba untuk nyari WC di Starbucks dan hasilnya nihil. Di Starbucks ngga ada WC.

Abis itu kita jalan lagi sesuai rute yang kita rencanain dan kita ngeliat Wendys. WCnya ngga perlu passcode sih, tapi pas ngeliat yang masuk ke WC itu kayak gembel sakaw, dan pintunya NGGA DIKUNCI, lalu ada cewek ngga jelas IKUTAN MASUK, kita berdua langsung ilfeel dan geli. Mending nahanin kencing deh daripada pipis di WC ngga jelas kayak gitu! 🀒

Trus gue bilang Ilona, pipis di NYU aja. Dia masih nanya, emang boleh numpang WC di universitas? Gue dengan sotoynya bilang, “Boleh lah… uni kan terbuka untuk umum, kayak di Jerman aja orang luar bisa keluar masuk seenaknya”. Ya udah, doi pun percaya dan kita kembali nahan pipis sampe ketemu NYU. Setelah gedung utamanya ketemu, gue masuk dengan pedenya. Tiba-tiba gue dipanggil-panggil ama satpam. Pas itu pun gue ngga ngeh, nyelonong terus, sampe si Ilona manggil-manggil gue juga. Ngga taunya SEMUA gedung NYU itu cuma bisa dimasukkin sama yang punya ID dari universitas DAN kita ga boleh numpang ke WC.

Moral of the story: JANGAN SOTOY! πŸ˜… Asli, padahal di Jerman semua universitas itu terbuka untuk umum. Mana ada satpam apalagi pintu buat ngescan ID. Anyways, setelah jalan udah susah gara-gara nahanin pipis, kita nemu WC di McDonalds yang layak untuk dipake.

Gue beli hash browns dan gue lupa harganya berapa. Ya lumayan lah, beli hash browns dapet kode WC hehe.

Setelah ngaso bentar di McD, kita lanjut jalan hingga Union Square. Eh… tepatnya gue lupa ding, apakah kita ke NYU dulu atau Union Square dulu. Liat sendiri di Google Map lah ya heheh… soalnya udah siwer gara-gara sibuk nyariin WC dan nahan pipis. Tapi pas di Union Square kita sempet duduk-duduk sebentar. Jadi Union Square ini tempatnya lumayan hip gitu. Kayak tempat seniman-seniman jalanan berkumpul. Kalo udah siang menjelang sore suka banyak orang-orang yang main catur di sana.

 

 

Union Square on Monday morning
Abis itu kita jalan ke arah Flatiron. Lagi-lagi gue lupa, Flatiron dulu apa Empire State Building dulu yah… kayaknya sih Flatiron dulu. Jadi ini gedung yang arsitekturnya unik banget. Lokasinya deket sama Madison Square Park. Gedungnya kalo dari atas bentuknya kayak setrikaan, segitiga gitu. Makanya namanya FlatIRON barangkali.

 

 

The iconic Flatiron
Sayangnya di sekitaran situ banyak ada gedung yang lagi di renovasi, jadi tiang-tiang konstruksinya rada bikin pemandangan kurang asik. Kita duduk-duduk sebentar ngeliatin jalanan dan lalu-lalang orang. Setelah itu kita lanjut jalan lagi ke arah Greeley Square Park di mana ada jualan empanadas. Nah, empanadas ini modelnya kayak pastel Indo gitu. Gue tapi lupa kita beli rasa apa.

We had 2 empanadas for 4 USD each, the taste was quite good, but for the price, it’s a bit too expensive.

I like this park as well! Greeley Square Park
Kaki udah jontor dan cuaca udah panas banget tapi kita tetep jalan terus hingga nyampe di Empire State Building. Buset deh, di sana dari luar aja udah keliatan turis pada ngantri mau naik ke rooftopnya. Kita ngga masuk, gue cuma foto fasadenya aja. Sejujurnya, gue suka ketuker antara Empire State Building ama Chrysler Building. Soalnya si Chrysler Building bentuknya lebih unik gitu, jadi lebih berasa simbol kota New York gitu.

Since I made it here, I can make it anywhere. Empire State Building
Anyways, setelah lanjut jalan lagi akhirnya kita nyampe di New York Public Library. Kita mutusin untuk masuk. Di pintu masuknya tas kita dicek semua. Di New York bagusnya sering dicek juga sih tiap masuk gedung, jadi yah, seengganya lebih aman kali ya. Atau pengunjung lebih tenang. New York Public Library ini lumayan gede, terdiri dari beberapa ruangan. Tapi sayangnya ga semua ruangan boleh difoto.

The foyer of New York Public Library

New York Public Library facade
Yang paling gue suka adalah satu ruangan bernama Lionel Pincus and Princess Firyal Map Division. Isinya banyak banget atlas!!! Gileee… gue kalo tinggal di New York pasti bakalan sering ke sana, kalo lagi bosen ngebacain atlas-atlas. Ada satu atlas gede banget dari National Geographic, isinya bukan cuma peta tapi juga info per benua mulai dari sumber daya alam tiap-tiap daerah, demografi sampe informasi jenis landscape yang ada.

The study hall
Selain itu juga ada satu study hall yang gede dan grandiose banget. Langit-langitnya aja ada fresco segala. Modelnya kayak study halls di universitas-universitas tua di Inggris gitu deh. Setelah puas di NYPL, kita lanjut jalan ke acara berikutnya. Di luar panasnya bukan main, matahari terik dan beneran kayak summer, gue sampe ngelepas sweatshirt dan cuma pake t-shirt doang. Padahal saat itu mestinya lagi musim gugur.

Perhentian berikutnya adalah Korilla di deket East Village. Nah, East Village ini daerah yang lebih modest di New York City. Kebanyakan di sini rumah tinggal dan banyak restoran, bar dan kafe-kafe yang hip gitu. Di Korilla kita pesen taco fusion. Jadi taco pada umumnya tapi dagingnya ala masakan Korea. Pedesnya gila man!!! Tapi enak banget! Cuma gue rada salah pesen, mestinya ngga usah pake Korean beans, soalnya gue ngga gitu doyan. Tapi si Ilona sih doyan-doyan aja hahaha… yah, selera sih soal itu.

We spent 15 USD for 4 mini tacos and one rice drink. The drink was a bit weird but was okay, and the tacos were awesome!

Abis dari Korilla, kita lanjut ke Crif Dogs, tempat makan hot dog yang menurut food blogs oke punya. Lokasinya lucu gitu, di bawah tanah.

I forgot how much we spent, but we had 2 hot dogs, 1 chilli cheese atter tots and 1 corn dog. Taste was okay for the hot dogs and tater tots but the corn dog was too oily and sort of burnt.

Sayangnya ngga ada foto-foto, abis udah pada kalap. Next we moved on to Joe’s Pizza walau perut rasanya udah mau meledak. Konon katanya sih ini the best pizza in NYC. Di dindingnya aja ada foto-foto sama Selena Gomez dan Bradley Cooper. Kita ngeliat si Joe-nya sendiri juga ikutan bikin pizza di sana.

img_5899
Named as the best pizza in New York City

We tried a slice of pepperoni pizza (or the salami as the Germans call it) for 3.5 USD. It was nice, but we expected something more for “the best pizza in NYC”.

I personally would prefer Pizza Hut over Joe’s, but taste is a subjective matter after all.

Next we went to Momofuku Milk Bar and had Momofuku Milk Soft Serve, sort of creamy and milky ice cream with cereals that looked and tasted like corn flakes. I like it! I think it cost us about 6 USD.

Abis dari situ, kita mau naik subway ke Chelsea Market, soalnya jam 6 kita udah pesen meja buat makan di Budakkan. Tapi that freaking subway, gue lupa dari stasiun apa, pokoknya deket-deket Momofuku di East Village, kalo ngga salah stasiun 3 Av, mesin scan buat tiketnya tuh kayaknya udah tua and butut. Berkali-kali Ilona sama gue swipe kartu kita dan berkali-kali keluar tulisan “Please swipe again”. Oh ya, terutama kartu gue, memang selama naik subway di NYC ga pernah tuh sekali swipe langsung bener. Tapi kali itu kita harus swipe berkali-kali dan gagal berkali-kali sampe kena blokir πŸ‘Ί.

Pergilah kita ke petugas subway yang duduk di kotak informasi. Doi jutek mampus, nyuruh kita nunggu 8 menit hingga kartunya lepas dari blokiran. 8 menit berlalu, kita coba lagi ngga bisa dan malah keblokir lagi! Kita pun naik dulu, mana tangga subwaynya curam bikin bengek. Kita pikir, ya udahlah tunggu 15 menit sambil killing time di drug store terdekat. 15 menit berlalu, kita turun lagi tangga jahanam itu dan tetep aja kartu subway kita ngga bisa dipake!!! Super bete, akhirnya kita cari stasiun subway lain yang harus jalan dikit, kalo ngga salah stasiun 1 Av. Akhirnya bisa juga! Emang dasar rusak aja kali tuh mesin scanner yang udah butut.

Sesampainya di Chelsea Market, kita masih ada waktu untuk jalan-jalan bentar. Chelsea Market ini kayak mall super mini cuma satu lantai. Ada toko buku yang jualan buku-buku yang desainnya keren-keren, ada juga toko permen cokelat, toko roti, dan lain-lain. Menarik banget pokoknya tempatnya.

Cute covers
Budakkan ini sendiri adalah restoran Asian fusion dan yang begonya gue ngga ngecek dulu itu restoran biasa atau fine dining. Ngga taunya itu fine dining maaan… dan kita berdua udah kayak gembel pake bajunya, cuma t-shirt bau keringet bekas jalan seharian di bawah terik matahari, plus kantong kresek berisi snack Korea hasil belanja di supermarket Korea deket tukang empanadas. Omg… malu banget, untung pas itu belum banyak tamu dan suasana restonya remang-remang gitu.

We had chilli crab and sort of garlic chilli chicken. They were both great! Cost us 85 USD (tip included). The service was perfect, the host and server were very friendly!

Shock berat sih sama harganya, tapi kita puas banget sama servis dan makanannya. The chilli crab was a bit different than we expected. The taste was not like the Singaporean one, but it was nice. The meat was chunky and they were prepared such that they were so loose, we only needed to push them out of the shells with chopsticks.

That’s it for day 4 yang bikin kita jontor setengah mati. Day 5 coming next!

-Feli-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s