NYC – Day 6, 7 and 8

Kenapa gw gabungin hari 6, 7 dan 8 dalam satu post? Karena sebenernya, NYC itu bisa dijelajah cuma dalam 5 hari. The rest 3 days ini we didn’t do much touristy actually.

Day 6

Dibuka dengan bangun pagi lagi, tapi kali ini sekitar 6:30. Udah mulai ngga jetlag lagi. First stop kita hari itu adalah Coney Island. Coney Island ini ada pantainya, promenade dan ada theme park gitu juga namanya Luna Park. Sering ada kok di film-film. Tapi acara yang paling gw inget nayangin Coney Island adalah The Amazing Race season 21 kalo ga salah, yg ada James and Jaymes. Perjalanan ke Coney Island sendiri mayan jauh, sekitar 1 jam lebih naik kereta sampe end station. Sempet ganti dari Grand Central, kalo ga salah ganti di City Hall.

Clear, sunny beach
By the beach
Dermaga di Coney Island

Gw udah lama banget ga ke pantai, 10 tahun ada kali, so it was an interesting experience for me. Biasanya pantai itu rame banget tapi hari itu sepi banget, mungkin karena weekday, cuma ada 2-3 orang yang lewat-lewat selain kita.

Coney Island ini tempat asal-usul Nathan’s Hotdog yang bikin kontes makan hotdog regularly. Di sana kita makan siang.

We had one slushie, 2 hot dogs and 1 fries. We spent 27 USD altogether. But seriously, Nathan is totally overrated. I wouldn’t ever come back there again.

Abis itu kita mau ke Luna Park tapi kayak mager dan panas banget, juga masih kenyang. So we just sat on a bench inside the park and watched people play. Jadi kita bisa masuk theme parknya tanpa karcis. Ntar kalo mau naek ride baru beli pake token. Modelnya more like kayak pasar malam gitu sih sebenernya.

Setelah bosen di Coney Island, kita balik ke Manhattan buat nyobain Eileen’s Cheesecake.

One piece was about 4 USD. It was, as expected, too sweet.

Menurut gw si Eileen’s Cheesecake ini biasa aja sih. Masih enakan cheesecake bikinin kolega gw dulu di kantor 🤔

Abis itu gw ama Ilona pisah. Gw ke Strand Bookstore yang ada di sekitaran Union Square dan beli buku di sana. Tokonya asik banget. Banyak jualan buku yang lebih murah dari biasanya. Kayaknya karena itu buku-buku bekas dan/atau buku-buku yang kualitasnya secara fisik kurang memadai. Tapi buat yang suka baca n hunting buku, gw rekomen ke sini.

Dari Strand, gw ke Madison Square Garden buat nyari kaos New York Knicks buat abang gw. Pas itu lagi ada game-nya Rangers, jadi barang-barang Knicks dikit banget gitu yang dijual.

Oh, MSG ini keren banget sih, kayak gedung kantoran gitu, lengkap sama securitynya. Sayangnya kita cuma boleh berkeliaran di ground floor yang isinya cuma ticket booth sama fan article store. Untuk ke lantai-lantai atas, harus punya/beli tiket game. WC aja kaga ada di lantai dasar ini. Alhasil gw nahanin pipis sampe numpang di New York Public Library.

Terus, sorenya gw mau makan Ippudo sama Ilona di sekitaran Times Square. Tapi jam 17:30, tanpa reservasi sebelumnya, Ippudo ramenya udah kayak pasar. Karena Ilona mau nonton Broadway lagi jam 18, kita pun kepepet dan akhirnya makan chipotle di Chipotle Mexican Grill yang outletnya ada di mana-mana itu.

We had one chipotle each and it cost us no more than 5 USD!!! And the taste was so awesome, I started to regret the things I had for lunch and dinner in the last few days.

Setelah makan, Ilona ke Broadway dan gw jalan-jalan di 5th Avenue. Belanja-belanja dikit di sana, banyak outlets mulai dari yang branded such as Prada, Chanel and stuffs sampe normal outlets like Zara, Uniqlo, H&M and Hollister. Harga-harganya sedikit lebih murah daripada di Jerman, cuma keep in mind kita mesti bayar credit card fees juga kalo belanja pake CC. Ujung-ujungnya ya murahan dikit dari Jerman, ampir sama actually.

Day 7

Agenda kita hari ini adalah ke American Museum of Natural History. Mestinya gw excited ya, tapi secara bangun tidur gw tiba-tiba sakit leher dan pilek berat, I dragged my feet down to the subway abis beli obat di drug store.

Museum itu jauh banget, adanya di Upper Manhattan dan kita sort of ketiduran di subway pagi itu sampe kebawa ke perbatasan Harlem sama Bronx. After spending almost 2 hours getting lost and stuffs, nyampe juga kita di museum.

We spent 30 USD for an adult ticket, including IMAX special show, which at that time was about polar bears. We slept throught the whole documentary, sorry 🙊.

Museumnya sendiri keren lho, terdiri dari life size diorama tentang hewan dari setiap benua. Jadi mereka showcasenya per benua. Bukan cuma hewan, ada juga life size diorama tentang manusia dari berbagai benua. Sama kayak yang di film Night at the Museum. Bahkan waktu masuk bagian Southeast Asia and Oceania, ada musik gamelan Jawa dimaenin lewat speaker di ruangan itu. Dan yang paling rame tentunya bagian extinct animals yang isinya banyak life size kerangka dinosaurus.

I was so extremely pooped out, abis dari museum gw cuma pengen makan dan pulang. So we went to Lombardi.

We had a pizza each and spent 50 USD total. I cannot comment much because I had no appetite at that time!

Idung gw yg udah meler and so on, I just wanted to go back and sleep. Which I did till 18:30 where I had to drag my ass out buat ke Rockefeller Center. Masalahnya gw udah beli tiket dan udah lebih dari 12 jam masa cancel tiket, jadi mau ga mau gw ke sana.

Top of the Rock – kinda hazy

Supposed to be a cool experience but I had a bad flu, it was windy and rained a bit and so foggy, I only spent 15 minutes.

Ticket price was 32 USD. Actually it would have been a super cool experience, had it not been a foggy, rain day and had I not had such a messy cold. I would go back there on any given clear, sunny, healthy day.

Baliknya gw takeaway ramen dari Norikoh yang deket hotel. Surprisingly rasanya enak lho.

15 USD for a bowl of ramen, not bad. The taste was also nice, comparable to those in Germany.

Abis itu gw tepar di hotel 😴

Day 8

Our last day in New York! Terus terang, udah mulai bosen hehe. Dari pagi ujan gede, jadi gw di hotel doang beresin barang. Siangnya gw makan Chinese food di Hunan Manor deket hotel.

We ordered mapo tofu and stir fried beef with veggies for almost 40 USD. They tasted so good, even for my stuffy nose.

Then we went to Starbucks for a bit before checking out. Jam 3 sore kita udah cabut ke JFK padahal flight masih jam 8, saking ga tau mau ngapain lagi!

We had buffalo wings at the airport for 30 USD before taking off from New York.

See you some other time, New York! It was definitely a memorable place to be!

Conclusion

New York is definitely a must-visit at least once in your life. NYC ini beda dari kota-kota besar lainnya. Dia punya aura sendiri, vibe sendiri, suasananya sendiri yang menarik. It’s a city of bright lights and skyscrapers which represent industrialization and advancements in human civilization and technology. For me, vibe-wise it is the best city I have ever visited so far.

Makanannya sendiri menurut gw semua antara biasa aja dan ga enak. I have to sadly admit that the food in Germany is much better. Jangan harap terlalu banyak dari rekomendasi food bloggers, sebab rasanya overrated banget. Malah yang selama ini gw cobain enak adalah makanan-makanan yang spontan dibeli tanpa cek rating dari food bloggers.

Transportation is confusing but the fact that the subways come like every minute so we don’t have to wait, menurut gw udah amazing compared to in Germany. Cuma seperti kata Fauzi dari The Smart Local, “New Yorkers, your subway seriously needs some cleaning!” And of course, please do something to your stupid card reader which happened to ALWAYS show the ‘please swipe again’ message everytime I swiped.

Cuaca, nah pas gw dateng mestinya udah musim gugur tapi somehow terjadi anomali di mana panas banget dan cerah kayak summer. Bersyukur banget cuacanya bagus selama gw di sana, cuma hari terakhir aja hujan. Otherwise it would have sucked karena kita banyak jalan kaki dan hujan di sana ngga gerimis kayak di Jerman but more like hujan di Indo yang gede-gede.

All and all, I would love to go there once again, just sitting around Bryant Park or walking up and down Mid-Manhattan on a clear, sunny day.

Thanks for reading the New York travel series. Sekian laporan #throwback gw mengenai trip gw di bulan Oktober. Semoga bermanfaat dan jalan yoks!

– Feli –

And since I made it here, I can make it anywhere…